== Erch Adventure Expedition ==

Learn end Share to get More Extremely Adventure

Previous Post

Agloco 100% free. On the Internet


Active.ws - Free URL Redirection
Links
Optimize Site Traffic | Tingkatkan Traffic Site Anda
Google
Monday, February 25
Mengetahui rangka sepeda


FRAME COMPONENT (KOMPONEN RANGKA)


Top Tube; batang penghubung Head Tube dengan bagian atas dari Seat Tube.

Down Tube; batang penghubung Head Tube dengan Bottom Bracket.

Seat Tube; batang penyangga Seat Post yang terpasang antara Top Tube dan Bottom Bracket.

Seat Stay; batang rangka yang mendukung roda belakang dan terhubung dengan bagian atas seat tube.

Chainstays: batang rangka yang menghubungkan bottom bracket dengan dudukan tempat terpasangnya roda belakang (rear dropout = anting). Pada sepeda full-suspension yang tidak memakai Seat Stay maka batang ini disebut juga dengan istilah swing-arm.

DRIVE TRAIN

Chainring/ Chainwheel; piringan logam bergeririgi disekelilingnya (teeth) sebagai dudukan rantai, terletak dibagian tengah sepeda. Biasanya ada tiga jenis, yakni; single crank (Downhill), double crank (All Mountain atau Freeride) dan triple crank (XC).

Crankarms; lengan ayun yang satu ujungnya terhubung dengan Bottom Bracket dan ujung lainnya menjadi tempat dipasangnya Pedal Pengayuh.

Crankset; terdiri dari chainring, crank arms dan bottom brackets.

Bottom Bracket; mekanisme penghubung crank dengan rangka sepeda.
Freewheel; seperangkat gigi (cassette/ cogs) belakang yang dilengkapi dengan mekanisme putaran idle yang mampu membuat roda tetap berputar sekalipun sepeda tidak dikayuh.

Chain; adalah rantai yang menghubungkan Chainring dan Cassette dan bertugas menyalurkan daya dari kayuhan pedal ke roda belakang. Mengingat peranannya yang sangat vital, merawat rantai dengan membersihkan dan melumasi secara rutin adalah sangat bijaksana.

Front & Rear Derailleur; adalah perangkat mekanis yang berfungsi memindahkan rantai dari berbagai posisi cassette (via rear derailleur) atau chainrings (via front derailleur). Komponen ini sangatlah penting, khususnya rear derailleur, sehingga perawatan berkala sangatlah diperlukan.

Pedal; platform atau pijakan kaki yang terhubung langsung ke Crank / Bottom Bracket.

Gear Shifter; adalah mekanisme pengatur yang menggerakan derailleur, terletak dikiri (rear-derailleur) dan kanan (front-derailleur) batang pengemudi (handle bar). Shifter ini dibagi dalam tiga jenis berdasarkan metode penggeraknya, yakni tipe Push/Trigger Shifter, Push-push Buttons, dan Twist Shifter (Revoshift atau Gripshift).

Tipe pertama digerakan dengan menggunakan jempol untuk menekan dan telunjuk untuk menarik tombol. Tipe kedua hanya menggunakan jempol untuk menekan dua tombol berbeda ketika hendak memindahkan gigi. Sedangkan tipe shifter ketiga dilakukan dengan memuntir sebagian dari handle grip untuk merubah posisi gigi.

BRAKE SYSTEM

Brake Lever; adalah lengan pengungkit yang berfungsi untuk melakukan pengereman.

Brake System; umumnya terbagi dalam dua kategori, yaitu Rim-mounted Brakes dan Hub-mounted Brakes.
Jenis pertama biasa dikenal dengan V-brake, Cantilever dan Calliper system yang bekerja dengan cara menjepit Rim (velg). Keuntungan dari Rim-brakes karena bobotnya yang ringan namun kurang optimum pada saat rim dalam kondisi basah atau tertutup lumpur.

Jenis kedua, biasanya menggunakan teknologi Drum atau Disc. Khusus jenis Disc-brake yang saat ini cukup popular dan affordable serta sangat lazim digunakan pada sepeda gunung, karena performanya yang optimum hampir disetiap kondisi.
Hydraulic Brakes; kebanyakan brake-systems yang ada dioperasikan menggunakan kabel baja yang ditarik menggunakan Brake Lever. Sedangkan hydraulic brakes bekerja dengan sistem fluida mirip seperti yang digunakan oleh mobil, dan pengoperasiannya lebih ringan, namun membutuhkan keahlian tersendiri dalam merawatnya. Sistem ini banyak diterapkan pada disc-brake system meskipun juga tersedia untuk Cantilever System.

Disc Brake; sistem rem yang bekerja menggunakan piringan baja yang dipasang pada Hub System.

COCKPIT/ STEERING SYSTEM

Front Shock; suspensi depan yang berfungsi untuk meredam getaran dari kondisi jalanan offroad atau bergelombang sehingga dapat meningkatkan secara significant pengendalian dan kenyamanan.

Handle Bar; batang horizontal yang berfungsi sebagai kemudi dan terpasang pada Stem yang kedua ujungnya terpasang handgrip, brake levers, dan shifters.

Handle Grip; karet yang berfungsi untuk mempermudah pegangan dan menghindari slip pada handle bar, sekaligus membantu meredam getaran yang diakibatkan permukaan jalan.

Stem; batang penghubung handle bar dengan head tube atau steering tube, dengan panjang dan sudut yang bervariasi untuk disesuaikan dengan posisi pengendara.

Head Set; mekanisme berputar yang dipasangkan pada Head Tube untuk menghubungkan Fork dan Stem.

Head Spacer; ring metal yang berfungsi untuk mengatur ketinggian posisi Stem.

Bar-end; sepasang “tanduk” yang dipasang diposisi paling ujung handle bar yang sering dimanfaatkan ketika dijalanan menanjak, juga sebagai alternatif posisi pegangan tangan untuk menghindari keletihan, serta sebagai penahan sepeda pada saat dibalik sehingga tidak merusak cycle computer, head light, brake lever atau shifter.

WHEEL SYSTEM

Alloy Wheels; semua sepeda berkualitas sudah menggunakan rim berbahan aluminium, karena bobotnya yang ringan dan tidak berkarat, disamping kemampuan rem-nya juga lebih baik.

Front & Rear Hub; bagian tengah dari sebuah roda yang terdapat mekanisme berputar dengan bearing didalamnya dimana spokes dipasang.

Bearings; adalah bola baja kecil, biasa disebut pelor/ gotri untuk mengurangi gesekan dua logam bergerak, terdapat dalam Hub, bottom bracket, Head set dan Pivot.

Spokes; kawat besi yang menghubungkan Hub dan Rim, dengan pengatur tegangan menggunakan nipple yang terdapat di Rim. Ada dua jenis bahan yang biasa digunakan: (1) Stainless Steel, yang terkenal cukup kuat dan tidak berkarat, (2) Double-butted, biasanya agak mengecil dibagian tengahnya tanpa mempengaruhi kekuatan, namun bobotnya lebih ringan.

Quick Release; batang pengunci roda dengan rangka sepeda, dan harus terbuat dari metal dengan sistem kerja yang aman dan terpercaya.

Tyre; karet ban yang terbuat dari bahan dan bidang kontak yang didisain secara khusus untuk mendapatkan traksi dan daya tahan yang diinginkan.

Inner Tube; karet tipis berbentuk balon yang berfungsi sebagai ban dalam.

SADDLE PARTS

Saddle; sadel atau bantalan duduk ketika mengayuh sepeda sehingga bokong tetap terasa nyaman disamping untuk mengurangi rasa lelah dibagian bawah kita. Semakin banyaknya pesepeda wanita, telah membuat para produsen sadel sepeda memproduksi sadel khusus wanita.

Seat Post; tiang penyangga sadel yang dimasukan ke seat tube.

Seat Clamp; sama dengan quick release, berfungsi untuk mengunci seatpost pada seat tube ketika sudah dicapai ketinggian sadel yang ideal.

Artikel Lumayan untuk kita yang awam tentang sepeda........:D
posted by ~Erch~ @ 4:53 AM  
Enter Your E-mail Here!!! end get update!

powered by Bloglet
1 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


@ ShoutMix